Bupati Batu Bara Zahir memberikan bantuan bebek telur guna memperkuat ketahanan pangan

rahmathidayat, 20 Nov 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Batu Bara - Bupati Batubara Ir H Zahir MAP saat memberikan batuan ternak bebek bertelur kepada sejumlah Poktan dan PKK di desa Gunung Bandung, Kec Lima Puluh Pesisir.

Memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangga akan gizi secara khusus bagi masyarakat sekaligus sebagai penambah pendapatan ekonomi keluarga secara mandiri, Bupati Batubara Zahir menyerahkan bantuan 232 ekor bebek kepada delapan orang anggota kelompok tani (Koptan) di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Batubara, pada Senin (18/11/2019).

Penyerahan bantuan itu merupakan salah satu program kemandirian dan penguatan ketahanan pangan, di mana pemerintah Batubara sedang gencarnya mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya memenuhi kebutuhan dan pendapatan keluarga lewat beternak bebek petelur sebagai basis terpenting dalam mewujudkan desa mandiri pangan.

Zahir berharap pengembangan Desa Mandiri Pangan dapat meningkatkan kualitas sikap perempuannya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, demi tercapainya kedaulatan pangan dan menjadi salah satu alternatif penambah pendapatan keluarga dibawah binaan Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS)

“Upaya ini dilakukan bertujuan untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan, saya berharap bantuan tersebut nantinya dapat dikembangkan dengan harapan bisa mengembangkan budidaya ternak itik petelur sebagai penambah pendapatan keluarga”, kata Zahir 

Selain itu, bupati juga berharap melalui pengembangan subsistem ketersediaan telur di perdesaan diharapkan dapat menjamin pasokan telur dalam rangka memenuhi kebutuhan semua penduduk di perdesaan, baik dari segi kuantitas, segi kualitas, keragaman, serta keamanan telurnya.

Bupati Zahir juga berharap dengan mengembangkan Subsistem Distribusi dan Subsistem Konsumsi bebek petelur, dapat mewujudkan sistem penyebaran pangan telur yang efektif dan efisien serta dapat memenuhi mutu dengan kandungan gizinya, sehingga dapat menjamin seluruh rumah tangga agar bisa memperoleh pasokan telur dengan jumlah dan kualitas yang mencukupi sepanjang waktu dengan harga yang masih terjangkau secara berkelanjutan.

“Saya yakin bahwa kelompok tani ternak yang menerima bantuan ini adalah kelompok yang benar-benar mampu dalam membudidayakan ternak bebek petelur melalui pengembangan subsistem ketersediaan, subsistem distribusi, dan subsistem konsumsi dengan memanfaatkan sumberdaya lokal secara berkelanjutan,” ucapnya.

Selain itu Zahir berpesan supaya bantuan bebek tersebut benar-benar dijaga baik secara ketersediaan, distribusi dan konsumsinya sebaik-baik mungkin agar bisa menghasilkan.

“Mari manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya jangan sampai salah langkah dalam upaya budidaya bebek petelur ini. tetap semangat serta beraktifitas sembari memohon kepada Tuhan yang maha kuasa semoga apa yang kita rencanakan mendapat ridho dari Allah SWT”, cetusnya.

Adapun Poktan yang mendapatkan bantuan atas nama Sinta Supriadi PKK Desa Percontohan Desa Gunung Bandung Kecamatan Lima Puluh Pesisir dan Suardi Poktan Benteng Jaya Kecamatan Sei Balai.

Lalu bantuan juga diberikan kepada Muhammad Tahir Poktan Pahala Desa Ujung Kubu Kecamatan Nibung Hangus dan Tiorim Silaban PKK Desa PT P2W KSS Desa Panjang Kecamatan Talawi.

Kemudian Siti Nurhadijah Poktan Banjaran Desa Perkotaan Kecamatan Air Putih dan Marilutua Sitorus Poktan Tapak Kuda Kampung, Kecamatan Laut Tador.

Selanjutnya bantun tersebut juga diberikan kepada Jumadi Bangun Poktan Bapak Tani Desa Gambus Laut Kecamatan Lima Puluh Pesisir dan Suparman Poktan Sehati Ternak Desa Kuala Indah Kecamatan Sei Suka.

Rahmat Hidayat.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu